Most Popular

Rasa Tembakau Hijau Gayo Aceh Setelah 1 tahun

GeGeDbako - Siapa yang tak tahu Aceh? Selain dikenal daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, Aceh juga memiliki kekayaan alam lain yang sangat melimpah. Mulai yang tersimpan dari dalam perut bumi, hingga di dasar lautan.

Negeri serambi mekkah ini juga dikenal dengan keberagaman budaya dan kesenian yang kental. Salah satunya seperti Tari Saman, merupakan satu dari beberapa kesenian di Indonesia yang telah mendapat pengakuan UNESCO, sebagai warisan dunia tak benda. Tarian ini berasal dari tanah dataran tinggi Gayo.

Tak hanya kaya alam dan budaya, Aceh jua mempunyai potensi wisata alam yang bikin decak kagum. Pelancong mana saja yang mengunjungi daerah ini tak bisa mengelak jika matanya akan dimanjakan dengan panorama yang indah, seperti tanah dataran tinggi Gayo.

Dataran tinggi Gayo yang merupakan wilayah dari Kabupaten Aceh Tengah terkenal akan kopi gayo yang memiliki cita rasa yang unik bagi penikmat kopi arabika.

Di samping itu, ada satu hasil perkebunan yang dimiliki tanah Gayo tergolong unik, yaitu tembakau Gayo. Belakangan ini sempat viral di lini media sosial, mengenai tembakau gayo yang banyak di review memiliki aroma yang mirip dengan ‘ganja’.

Memang benar bako gayo ini warnanya pun berbeda dengan daun tembakau lainnya, dia berwarna hijau dan sedikit ada bunga-bunga kecil. Beberapa pengusaha tembakau gayo ini juga telah melakukan uji laboratorium untuk memastikan kepada publik tembakau gayo bukan tergolong narkotika. Namun, guna menjaga pola hidup sehat alangkah baiknya menghindari dari kebiasaan merokok.

Tidak hanya di Aceh ternyata bako gayo ini mendapatkan banyak permintaan dari luar Aceh, harga satu ons sekitar 70 ribu hingga 100 ribu.

Posting Komentar

0 Komentar